Rabu, 20 Juni 2012

Pentingnya Menjaga Kesehatan Sebelum Lansia



Sebagian orang masih menganggap, usia lanjut atau penuaan adalah proses alami, karena semuanya mengalami dan tidak perlu diundang. Sehingga, premis semua manusia pasti menua dan yang tidak menua bukan manusia diiyakan oleh semua orang.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Undip Prof Dr dr Susilo Wibowo MS Med SpAnd menuturkan, upaya menjaga kesehatan sebelum lanjut usia (lansia) sangat penting untuk dilakukan. Karena penuaan yang ditentukan oleh keturunan (genetik) hanya sekitar 5-10 persen dan sisanya 90-95 persen ditentukan oleh lingkungan, termasuk diet.


"Tumor ganas 80-90 persen juga ditentukan oleh lingkungan, dan dari semua tumor (35%) ditentukan oleh makanan. Oleh karena itu, kanker dan tumor dapat dicegah dan diobati dengan perubahan cara hidup yang menyeluruh," tuturnya saat ditemui di kantornya Fakultas Kedokteran di komplek RS Dokter Kariadi, Rabu (18/4).

Menurut mantan Rektor Undip itu, melakukan diet dengan menghindari fast food terbukti mampu menyebabkan berbagai penyakit yang sering diderita oleh para lansia, seperti diabetes, hipertensi, jantung, stroke dan tumor.

Para ilmuwan pun, kata Susilo, saat ini sedang mengampanyekan untuk makan makanan yang rendah kalori tetapi kaya nutrisi seperti yang dilakukan penduduk asli Okinawa, Jepang.
"Makanan yang mengandung methionine dapat ditemukan dalam sereal dan wijen, mengandung folic acid (Vitamin B9) seperti bayam, asparagus, kedelai, beras dan kacang-kacangan. Kalau yang mengandung cobalamin bisa ditemukan dalam ikan, daging, telur dan susu. Tapi, cara yang paling menjanjikan dan terbukti memperpanjang umur adalah mengurangi kalori,"  paparnya.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com tanggal 18 April 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar